Pengertian Pasar Bebas, Tujuan dan Contohnya

Bagi Anda yang ingin paham mengenai pasar bebas harus simak pengertian pasar bebas. Secara umum, kondisi pasar yang dapat memberikan kebebasan untuk masyarakat dalam membeli dan menjual barang dengan harga penjualan dan pembelian ditentukan oleh penawaran dan permintaan atau free market.

Pasar bebas merupakan pasar ideal karena semua keputusan ekonomi dan aksi oleh individu yang memiliki hubungan langsung dengan uang, barang dan juga jasa adalah sukarela. Supaya lebih paham lagi mengenai pasar bebas, maka simak pengertian, tujuan dan contohnya di bawah ini.

Pengertian Pasar Bebas

Pengertian pasar bebas adalah pasar dimana pada penjual serta pembeli mempunyai kebebasan dalam memutuskan masalah perdagangan dan juga bisnisnya. Semua bentuk kebijakan tidak mempunyai patokan maupun paksaan dari pihak lainnya atau pemerintah sekalipun.

Ciri-ciri dari pasar bebas adalah mulai dari kepemilikan alat dan juga sumber produksi bebas dimiliki bagi semua pihak, ada pembagian kelas di perekonomian masyarakat, ada persaingan untuk memperoleh keuntungan dan juga campur tangan dari pemerintah sangat terbatas.

pengertian lengkap pasar bebas

Tujuan Pasar Bebas

Tujuan dari pasar bebas secara umum adalah :

1. Untuk meningkatkan pendapatan negara

Salah satu tujuan dari adanya pasar bebas adalah untuk meningkatkan pendapatan negara. Perdagangan terjadi bukan di dalam negeri, seperti ekspor sehingga bisa memberikan peluang lebih banyak dari suatu negara untuk bisa memperluas pasarnya.

2. Untuk meningkatkan perekonomian negara

Tujuan pasar bebas kedua adalah untuk meningkatkan perekonomian negara. Tentu saja perdagangan bebas jadi salah satu cara untuk meningkatkan kegiatan produksi barang di dalam negeri. Selain itu, dapat memperkenalkan barang dalam negeri dan menjualnya ke pasar internasional.

3. Untuk memperluas pasar

Tujuan pasar bebas ketiga adalah untuk memperluas pasar sehingga tidak hanya bisa memperluas informasi mengenai produk dalam negeri saja. Perdagangan barang dalam negeri bisa ke beragam negara sehingga akan mendapatkan junlah konsumen lebih banyak.

4. Untuk memenuhi kebutuhan dalam negeri

Tujuan pasar bebas keempat adalah untuk memenuhi kebutuhan dalam negeri. Dengan adanya pasar bebas, akan memberikan kesempatan masyarakat untuk dapat memenuhi kebutuhan produk tertentu dengan mudah. Khususnya produk tertentu yang tidak bisa diperoleh di dalam negeri sehingga harus melalui impor.

5. Untuk Memperluas Peluang Transfer of Technology

Tujuan pasar bebas kelima adalah untuk memperluas peluang transfer of technology. Dengan adanya pasar bebas, maka negara berkembang seperti Indonesia bisa mendapatkan manfaatkan teknologi dari negara-negara maju yang sudah pasti lebih canggih.

Itulah beberapa contoh tujuan dari adanya pasar bebas khususnya bagi Indonesia.

Contoh-contoh Pasar Bebas

Daftar contoh penerapan sistem pasar bebas yang ada di perdagangan internasional adalah :

• APEC

APEC atau kepanjangan dari Asia Pasific Economic merupakan kerja sama ekonomi antara 21 negara yang berada di wilayah pasific. Tujuannya adalah untuk membangun hubungan erat dari antar negara dan meningkatkan pertumbuhan ekonomi dan juga mendorong perluasan perdagangan bebas yang ada di kawasan Asia Pasifik.

• NAFTA

NAFTA atau kepanjangan dari North American Free Trade Area merupakan sistem perdagangan bebas yang ada di Amerika Utara dan didirikan pada tahun 1994. Negara yang mencakup NAFTA ini adalah mulai dari Amerika Serikat, Kanada dan Meksiko. Sejumlah kegiatan dilakukan di organisasi ini adalah pengurusan visa dan juga paspor, melakukan komunikasi mengenai kegiatan kebudayaan dan juga mengatur kegiatan niaga.

• MEA

MEA atau kepanjangan dari Masyarakat Ekonomi Asia merupakan sistem perdagangan bebas yang terdapat di Asia Tenggara dan anggotanya adalah dari ASEAN. Pasar bebas MEA ini memberikan penjualan barang dan jasa antar anggora tanpa adanya tarif yang dikenakan.

• EU

EU atau kepanjangan dari European Union merupakan perjanjian pasar bebas antara 28 negara yang berada di bawah kawasan Eropa. Tujuannya adalah untuk memudahkan keluar dan masuknya barang dari setiap anggota negara demi meningkatkan ekonomi negara-negara tersebut.

• CAFTA

CAFTA atau kepanjangan dari China – ASEAN Free Trade Area merupakan perjanjian perdagangan antara China dan negara-negara ASEAN. CAFTA mengaur kerja sama dengan anggotanya supaya bisa melakukan kegiatan perdagangan bebas tarif bea untuk sejumlah produk yang masuk dari China atau negara-negara ASEAN.

Demikian pengertian pasar bebas, tujuan dan contoh penerapan pasar bebas di perdagangan internasional.