5 Kebiasaan di Malam Hari yang Bikin Wajah Bengkak

Kebiasaan di Malam Hari yang Bikin Wajah Bengkak – Wajah yang bengkak di pagi hari seringkali membuat kita merasa kurang percaya diri. Bengkaknya wajah bisa disebabkan oleh berbagai faktor, termasuk kebiasaan yang kita lakukan di malam hari sebelum tidur.

Beberapa kebiasaan di malam hari dapat berdampak buruk pada kesehatan kulit wajah dan menyebabkan pembengkakan. Berikut ini adalah lima kebiasaan di malam hari yang bisa membuat wajah Anda terlihat bengkak.

Kebiasaan di Malam Hari yang Bikin Wajah Bengkak

Tidur dengan Make-up Masih Menempel

Salah satu kebiasaan terburuk yang dapat menyebabkan wajah bengkak adalah tidur dengan make-up yang masih menempel. Make-up seperti foundation, eyeshadow, dan lipstik mengandung bahan kimia yang dapat menyumbat pori-pori kulit Anda.

Jika Anda tidur dengan make-up yang masih menempel, pori-pori kulit tidak dapat bernapas dengan baik, dan ini dapat mengakibatkan peradangan serta retensi cairan. Oleh karena itu, pastikan Anda membersihkan wajah secara menyeluruh sebelum tidur. Beberapa alasan mengapa tidur dengan make-up masih menempel pada wajah merupakan tindakan yang perlu dihindari:

  1. Penyumbatan Pori-Pori: Make-up seperti foundation, concealer, dan bedak mengandung berbagai bahan kimia. Tidur dengan make-up dapat menyebabkan bahan-bahan ini menyumbat pori-pori kulit. Akibatnya, kulit tidak dapat bernapas dengan baik, dan ini dapat mengakibatkan peradangan dan pembentukan jerawat.
  2. Pembentukan Komedo: Make-up yang tidak dibersihkan dengan baik juga dapat menyebabkan pembentukan komedo (blackhead dan whitehead). Komedo terbentuk ketika pori-pori tersumbat oleh sebum (minyak kulit) dan kotoran. Dengan tidur dengan make-up yang masih menempel, Anda meningkatkan risiko pembentukan komedo.
  3. Percepatan Penuaan Kulit: Make-up yang tertinggal di wajah juga dapat menyebabkan penuaan kulit yang lebih cepat. Paparan terus-menerus terhadap bahan kimia dalam make-up dapat merusak kolagen dan elastin, yang berperan penting dalam menjaga elastisitas dan kekenyalan kulit. Akibatnya, kulit dapat menjadi kusam dan berkeriput lebih cepat.
  4. Peradangan Kulit: Tidur dengan make-up dapat mengakibatkan peradangan kulit, yang dapat membuat wajah terlihat kemerahan dan bengkak. Hal ini disebabkan oleh iritasi yang disebabkan oleh bahan kimia dalam make-up yang tidak dihilangkan dari wajah.

Konsumsi Garam Berlebih

Makan makanan yang mengandung banyak garam, terutama di malam hari, dapat menyebabkan retensi cairan di wajah. Garam dapat mengikat air dalam tubuh, yang mengakibatkan pembengkakan wajah. Hindarilah makanan yang mengandung garam berlebihan,

terutama saat mendekati waktu tidur. Lebih baik pilih makanan yang rendah garam untuk menjaga kesehatan kulit Anda. Berikut adalah alasan mengapa konsumsi garam berlebihan dapat membuat wajah Anda terlihat bengkak:

  1. Retensi Cairan: Garam bekerja dengan menahan air dalam tubuh. Ketika Anda mengonsumsi terlalu banyak garam, tubuh Anda akan mencoba mempertahankan keseimbangan cairan dengan menyimpan lebih banyak air. Hal ini dapat mengakibatkan retensi cairan, yang pada gilirannya menyebabkan pembengkakan di berbagai bagian tubuh, termasuk wajah.
  2. Tekanan Darah Tinggi: Garam berlebihan dalam makanan dapat meningkatkan tekanan darah. Tekanan darah tinggi dapat merusak pembuluh darah dan mengganggu sirkulasi darah ke wajah, yang dapat mengakibatkan pembengkakan.
  3. Peradangan: Garam berlebihan dalam makanan juga dapat menyebabkan peradangan dalam tubuh. Peradangan ini dapat memengaruhi kulit wajah dan menyebabkan wajah terlihat bengkak dan merah.

Kurang Minum Air Putih

Kurang Minum Air Putih

Kurang minum air putih adalah kebiasaan yang seringkali diabaikan, namun dapat memiliki dampak buruk pada tubuh, termasuk pada penampilan wajah. Wajah bengkak adalah salah satu efek samping dari dehidrasi atau kurang minum air yang cukup. Berikut adalah alasan mengapa kurang minum air putih dapat membuat wajah terlihat bengkak:

  1. Retensi Cairan: Ketika tubuh kekurangan air, ia akan mencoba menyimpan sebanyak mungkin air yang tersedia. Hal ini dapat mengakibatkan retensi cairan, di mana tubuh Anda menyimpan air dalam usaha untuk menjaga keseimbangan cairan. Akibatnya, wajah dan bagian tubuh lainnya dapat terlihat bengkak.
  2. Pembuluh Darah Menyempit: Dehidrasi dapat menyebabkan pembuluh darah menyempit. Ini dapat mengganggu sirkulasi darah ke wajah dan menyebabkan pembengkakan.
  3. Kulit Kering: Dehidrasi juga dapat menyebabkan kulit kering dan kurang elastis. Kulit kering cenderung lebih rentan terhadap kerutan dan masalah kulit lainnya yang dapat membuat wajah terlihat bengkak.

Alkohol dan Kafein

Alkohol dan Kafein

Konsumsi alkohol dan kafein adalah kebiasaan yang umum di masyarakat kita, tetapi perlu diingat bahwa kedua zat ini dapat memiliki dampak buruk pada kesehatan dan penampilan wajah. Berikut adalah alasan mengapa konsumsi alkohol dan kafein dapat menyebabkan wajah terlihat bengkak:

Alkohol

Dehidrasi: Alkohol adalah diuretik, yang berarti bahwa itu meningkatkan produksi urin dan dapat menyebabkan dehidrasi. Dehidrasi dapat membuat kulit kering dan kusam, dan wajah terlihat bengkak karena tubuh mencoba menyimpan cairan.

Dilatasi Pembuluh Darah: Alkohol juga dapat menyebabkan pembuluh darah wajah melebar, yang dapat membuat wajah terlihat merah dan terasa bengkak.

Merusak Kolagen: Konsumsi alkohol yang berlebihan dapat merusak kolagen, protein yang menjaga elastisitas kulit. Ini dapat menyebabkan penuaan dini dan keriput.

Kafein

Diuretik: Kafein juga bersifat diuretik, yang berarti dapat meningkatkan pengeluaran urin dan menyebabkan dehidrasi. Dehidrasi dapat menyebabkan kulit kering dan wajah bengkak.

Gangguan Tidur: Konsumsi kafein terlalu dekat dengan waktu tidur dapat mengganggu pola tidur Anda, yang dapat mengakibatkan wajah terlihat lelah dan bengkak di pagi hari.

Tidur dengan Kepala yang Terlalu Rendah

Tidur dengan kepala yang terlalu rendah atau posisi tidur yang tidak tepat adalah salah satu faktor yang dapat menyebabkan wajah terlihat bengkak di pagi hari. Posisi tidur yang salah dapat memengaruhi sirkulasi darah dan drainase cairan dalam tubuh, yang dapat mengakibatkan pembengkakan pada wajah. Berikut adalah alasan mengapa tidur dengan kepala yang terlalu rendah dapat memicu pembengkakan wajah:

Retensi Cairan: Posisi tidur yang terlalu rendah dapat menghambat aliran cairan dalam tubuh, khususnya dari wajah ke sistem limfatik. Akibatnya, cairan dapat tertahan di wajah, menyebabkan pembengkakan.

Pembengkakan Mata: Tidur dengan kepala yang terlalu rendah juga dapat menyebabkan pembengkakan di sekitar mata, terutama pada area bawah mata. Ini dapat membuat mata terlihat bengkak dan kantung mata menjadi lebih terlihat.

Dalam rangka menjaga kesehatan kulit wajah dan menghindari pembengkakan yang tidak diinginkan, penting untuk memperhatikan kebiasaan yang kita lakukan di malam hari. Dengan menghindari kebiasaan-kebiasaan buruk seperti tidur dengan make-up atau konsumsi garam berlebihan, kita dapat menjaga kulit wajah tetap segar dan bebas dari pembengkakan. Selalu ingat untuk merawat diri sendiri dengan baik, termasuk menjaga kebiasaan di malam hari agar wajah tetap sehat dan cantik.

Related Posts
Instruksi Mudah Memulai Chat di Aplikasi Gojek
Instruksi Mudah Memulai Chat di Aplikasi Gojek

Instruksi Mudah Memulai Chat di Aplikasi Gojek - Aplikasi Gojek telah menjadi salah satu aplikasi terkemuka di Indonesia, menawarkan berbagai Read more

Laporan Keuangan Perusahaan Tbk: Kunci Sukses Investasi
laporan keuangan perusahaan tbk

Rangkuman laporan keuangan perusahaan tbk untuk informasi finansial yang akurat dan terpercaya. Investasi adalah langkah penting dalam mencapai keuangan yang Read more

Puncak Hujan Meteor Orionid Tiba di Indonesia
Puncak Hujan Meteor Orionid Tiba di Indonesia

Puncak Hujan Meteor Orionid Tiba di Indonesia - Selamat datang, pembaca setia, di artikel kami yang mengagumkan kali ini. Hari Read more

Minum Secangkir Teh Hitam Setiap Hari Untuk Kurangi Diabetes
Minum Secangkir Teh Hitam Setiap Hari Untuk Kurangi Diabetes

Minum secangkir teh hitam setiap hari telah menjadi kebiasaan yang populer di seluruh dunia. Namun, apakah Anda tahu bahwa kebiasaan Read more