Mengenal Jenis-Jenis Burung Murai Batu

Jenis-Jenis Burung Murai Batu – Hai sobat kicau mania tentunya sudah tidak asing lagi dengan kicauan yang satu ini yakni Burung Murai Batu adalah salah satu burung pengicau yang sangat populer di Indonesia. Burung ini dikenal karena suaranya yang merdu dan indah,

serta kecantikan bulunya yang berwarna cerah. Ada banyak jenis burung Murai Batu yang bisa ditemukan di Indonesia. Dalam artikel ini, kita akan mengenal lebih dekat jenis-jenis burung Murai Batu tersebut.

Jenis-Jenis Burung Murai Batu

Inilah Jenis-Jenis Burung Murai Batu Paling Populer

1. Murai Batu Medan

Murai Batu Medan adalah jenis burung Murai Batu yang paling umum ditemukan di Indonesia. Burung ini memiliki ukuran tubuh yang agak besar, yaitu sekitar 25 cm. Bulunya berwarna biru kehitaman dengan corak abu-abu keputihan di bagian perut dan dada. Suaranya sangat merdu dan indah, sehingga sering dipakai dalam lomba-lomba burung kicau.

2. Murai Batu Lampung

Murai Batu Lampung adalah jenis burung Murai Batu yang berasal dari daerah Lampung. Burung ini memiliki ukuran tubuh yang hampir sama dengan Murai Batu Medan, yaitu sekitar 23-25 cm. Bulunya berwarna biru kehijauan dengan corak putih pada bagian perut dan dada. Suaranya juga sangat merdu dan indah.

Murai Batu Lampung

3. Murai Batu Borneo

Murai Batu Borneo adalah jenis burung Murai Batu yang berasal dari Kalimantan. Burung ini memiliki ukuran tubuh yang lebih kecil dari Murai Batu Medan dan Lampung, yaitu sekitar 20-22 cm. Bulunya berwarna coklat kehitaman dengan corak putih pada bagian perut dan dada. Suaranya juga sangat merdu dan indah.

4. Murai Batu Sumatera

Murai Batu Sumatera adalah jenis burung Murai Batu yang berasal dari Sumatera. Burung ini memiliki ukuran tubuh yang hampir sama dengan Murai Batu Medan, yaitu sekitar 23-25 cm. Bulunya berwarna biru kehijauan dengan corak putih pada bagian perut dan dada. Suaranya juga sangat merdu dan indah.

5. Murai Batu Aceh

Murai Batu Aceh adalah jenis burung Murai Batu yang berasal dari Aceh. Burung ini memiliki ukuran tubuh yang agak besar, yaitu sekitar 25 cm. Bulunya berwarna biru kehitaman dengan corak putih pada bagian perut dan dada. Suaranya juga sangat merdu dan indah.

Murai Batu Aceh

6. Murai Batu Bali

Murai Batu Bali adalah jenis burung Murai Batu yang berasal dari Bali. Burung ini memiliki ukuran tubuh yang hampir sama dengan Murai Batu Borneo, yaitu sekitar 20-22 cm. Bulunya berwarna coklat kehitaman dengan corak putih pada bagian perut dan dada. Suaranya juga sangat merdu dan indah.

7. Murai Batu Jambi

Murai Batu Jambi adalah jenis burung Murai Batu yang berasal dari Jambi. Burung ini memiliki ukuran tubuh yang hampir sama dengan Murai Batu Medan, yaitu sekitar 23-25 cm. Bulunya berwarna biru kehijauan dengan corak putih pada bagian perut dan dada. Suaranya juga sangat merdu dan indah.

8. Murai Batu Kalimantan

Murai Batu Kalimantan adalah jenis burung Murai Batu yang berasal dari Kalimantan. Burung ini memiliki ukuran tubuh yang hampir sama dengan Murai Batu Medan, yaitu sekitar 23-25 cm. Bulunya berwarna biru kehitaman dengan corak abu-abu keputihan pada bagian perut dan dada. Suaranya juga sangat merdu dan indah.

Murai Batu Kalimantan

9. Murai Batu Sumbawa

Murai Batu Sumbawa adalah jenis burung Murai Batu yang berasal dari Sumbawa. Burung ini memiliki ukuran tubuh yang hampir sama dengan Murai Batu Borneo, yaitu sekitar 20-22 cm. Bulunya berwarna biru kehijauan dengan corak putih pada bagian perut dan dada. Suaranya juga sangat merdu dan indah.

10. Murai Batu Riau

Murai Batu Riau adalah jenis burung Murai Batu yang berasal dari Riau. Burung ini memiliki ukuran tubuh yang hampir sama dengan Murai Batu Medan, yaitu sekitar 23-25 cm. Bulunya berwarna biru kehitaman dengan corak putih pada bagian perut dan dada. Suaranya juga sangat merdu dan indah.

11. Murai Batu Papua

Murai Batu Papua adalah jenis burung Murai Batu yang berasal dari Papua. Burung ini memiliki ukuran tubuh yang agak besar, yaitu sekitar 25 cm. Bulunya berwarna biru kehitaman dengan corak putih pada bagian perut dan dada. Suaranya juga sangat merdu dan indah.

Murai Batu Papua

12. Murai Batu Sulawesi

Murai Batu Sulawesi adalah jenis burung Murai Batu yang berasal dari Sulawesi. Burung ini memiliki ukuran tubuh yang hampir sama dengan Murai Batu Borneo, yaitu sekitar 20-22 cm. Bulunya berwarna biru kehijauan dengan corak putih pada bagian perut dan dada. Suaranya juga sangat merdu dan indah.

13. Murai Batu Nias

Murai Batu Nias adalah jenis burung Murai Batu yang berasal dari Nias. Burung ini memiliki ukuran tubuh yang agak besar, yaitu sekitar 25 cm. Bulunya berwarna biru kehitaman dengan corak putih pada bagian perut dan dada. Suaranya juga sangat merdu dan indah.

14. Murai Batu Bengkulu

Murai Batu Bengkulu adalah jenis burung Murai Batu yang berasal dari Bengkulu. Burung ini memiliki ukuran tubuh yang hampir sama dengan Murai Batu Medan, yaitu sekitar 23-25 cm. Bulunya berwarna biru kehitaman dengan corak putih pada bagian perut dan dada. Suaranya juga sangat merdu dan indah.

15. Murai Batu Kalbar

Murai Batu Kalbar adalah jenis burung Murai Batu yang berasal dari Kalimantan Barat. Burung ini memiliki ukuran tubuh yang hampir sama dengan Murai Batu Borneo, yaitu sekitar 20-22 cm. Bulunya berwarna biru kehijauan dengan corak putih pada bagian perut dan dada. Suaranya juga sangat merdu dan indah.

Setelah mengetahui jenis-jenis burung Murai Batu di Indonesia, penting untuk mengetahui bagaimana cara merawatnya agar tetap sehat dan merdu suaranya.

Berikut beberapa tips merawat burung Murai Batu

Menjaga kebersihan sangkar

Kebersihan sangkar sangat penting untuk kesehatan burung Murai Batu. Pastikan sangkar selalu bersih dari kotoran dan sisa makanan. Ganti alas sangkar setiap hari dan cuci sangkar secara berkala. Selain menjaga kebersihan burung kesayangan kita dan juga menjaga kesehatan lingkungan kita.

Memberi pakan yang sehat

Berikan pakan yang sehat dan bergizi untuk burung Murai Batu, seperti jangkrik, ulat hongkong, dan voer. Jangan lupa juga memberikan buah dan sayuran sebagai suplemen.

Memberikan asupan vitamin

Berikan asupan vitamin untuk menjaga kesehatan burung Murai Batu. Vitamin B kompleks dan vitamin E dapat membantu menjaga kesehatan bulu dan meningkatkan kekuatan suara.

Memperhatikan suhu dan kelembapan

Pastikan suhu dan kelembapan di sekitar sangkar burung Murai Batu tetap stabil dan nyaman. Suhu yang ideal adalah sekitar 25-30 derajat Celsius dengan kelembapan sekitar 60-70%. Dengan merawat burung Murai Batu dengan baik, dijamin burung akan tetap sehat dan merdu suaranya. Selamat mencoba!

Kesimpulan

Burung Murai Batu adalah salah satu burung pengicau yang sangat populer di Indonesia. Ada banyak jenis burung Murai Batu yang bisa ditemukan di Indonesia, seperti Murai Batu Medan, Lampung, Borneo, Sumatera, Aceh, Bali, Jambi, Kalimantan, Sumbawa, Riau,

Papua, Sulawesi, Nias, Bengkulu, dan Kalimantan Barat. Setiap jenis burung Murai Batu memiliki ciri khas tersendiri, mulai dari ukuran tubuh hingga suara yang dihasilkan. Penting untuk merawat burung Murai Batu dengan baik agar tetap sehat dan merdu suaranya.

Related Posts
Mengenal Lebih Dekat Burung Puter Simbol Kebahagiaan
burung puter

Burung puter telah lama menjadi simbol kebahagiaan dalam budaya manusia. Mungkin beberapa orang hanya mengenal burung ini sebagai boneka yang Read more

Burung Branjangan Pesona Warna-warni dari Dunia Burung
Burung Branjangan

Burung Branjangan , atau sering disebut sebagai "Pied Fantail" dalam bahasa Inggris, adalah salah satu burung penghuni Indonesia yang sangat Read more

5 Fakta Menarik Burung Kapas Tembak
5 fakta menarik burung kapas tembak

5 Fakta Menarik Burung Kapas Tembak - Hai guys masih mengulas tentang Burung Kapas Tembak (Pycnonotus hualon) adalah burung endemik Read more

Mengenal Lebih Dekat Burung Kapas Tembak yang Unik
Burung Kapas Tembak

Burung Kapas Tembak merupakan burung yang cukup unik dengan warna bulunya yang cerah. Burung ini memiliki nama lain, yaitu Kapas Read more